Rumah Mini Sarat Fungsi

Dengan ukuran seperti satu kamar kos, sebuah rumah tinggal dapat dibangun.
Raul Renanda
BEBERAPA teman sesama arsitek sering berkomentar bahwa saya hanya senang mendesain rumah yang besar. Hal itu memang tidak bisa saya mungkiri. Rumah dengan luasan yang besar tentu memberikan kami, para desainer bangunan, banyak kesempatan untuk merancang desain yang baik.
Belum lagi yang berhubungan dengan dana yang dikeluarkan. Rumah besar tentu meminta dana yang tinggi, yang terus terang, berarti kualitas rumah lebih baik. Akhirnya buat kami para desainer, tentu saja fee yang baik pula.
Tetapi saya pun tergerak untuk berandai-andai, bagaimana bila saya menerima penugasan sebuah rumah dengan ukuran yang mungil. Namun, berbeda dari penugasan umumnya yang luas tanah sudah ditentukan, kali ini saya ingin membayangkan fungsi dasar apa yang diperlukan untuk sebuah rumah.
Secara umum saya coba bayangkan yang tinggal di rumah ini adalah pasangan muda tanpa anak atau bahkan tinggal sendiri. Tentu mereka adalah pasangan yang aktif, dengan arti kata, keduanya bekerja atau tidak ada di rumah pada hari kerja.
Kegiatan yang saya anggap biasa dilakukan adalah tidur, bekerja, makan, menonton televisi, serta kebutuhan penunjang seperti kamar mandi dan WC, memasak, mencuci dan lemari pakaian.Kecil
Sebenarnya yang dilakukan adalah memindahkan layout umum dari studio apartemen kecil ke dalam sebuah desain rumah tinggal. Namun, saya pun merasa tertantang untuk membuat ukuran tapak yang lebih kecil lagi.
Untuk itu saya tentukan ukuran tapak 4,5 x 3 meter atau 13,5 meter persegi untuk 1 lantai, total luasan 27 meter persegi untuk dua lantai.Karena kecilnya bangunan ini, solusi yang paling baik adalah menggunakan elemen fumi tur yang khusus didesain untuk rumah ini. Setiap inci dari rumah ini harus dapat digunakan atau mempunyai beberapa fungsi.
Meja makan, misalnya, dapat menjadi meja tulis juga untuk menyeterika pakaian. Tempat duduk di bawah bisa menjadi tempat tidur tambahan. Setiap kolong kursi, tempat tidur dan meja harus bisa menjadi laci atau tempat penyimpanan.
Mendesain rumah seperti ini, bila dilakukan dengan serius sekali, seharusnya lebih seperti mendesain interior mobil, atau kursi utama penerbangan. Namun dalam desain yang saya tampilkan saat ini, masih kita gunakan ukuran yang wajar layaknya di rumah biasa.
Ide desain rumah ini dapat diaplikasikan dan dikembangkan sesuai dengan keperluan kita. Rumah ini bisa didesain untuk menjadi ruang kos-kosan, atau bila kita yang mempunyai tanah cukup luas, bisa kita bangun untuk anak kita yang sudah masuk kuliah. Bisa juga tanah vila di luar kota yang dapat kita bangun untuk berfungsi seperti pondok yang dapat disewakan.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...