Saat kita membuat sebuah website, apalah jadinya jika website yang telah kita bangun tersebut terkatung-katung di rimba belantara internet tanpa pernah diketahui oleh pengunjung? Anda telah bersusah payah membangun web, membuat tulisan, menyajikan produk toko online anda namun tak seorangpun mengetahui keberadaan website anda ? kuncinya ada pada kemampuan website kita dikenali oleh search engine!
Google merupakan salah satu search engine yang paling diminati pengguna jasa internet. Fakta menyebutkan , "Jika suatu website berada pada rangkin 10 besar google maka jumlah traffik yang masuk pada website tersebut dapat diapastikan aakn terus meningkat"(1).
Oke lansung saja saya mulai penjelasannya.
1. Bagaimana cara kerja google
Jika kita ingin website kita terindex di google dengan rangking yang tinggi, tentunya pertama-tama kita harus tahu dulu bagaimana cara google mengindex suatu website.
Prinsip kerja google sebenarnya tidak jauh berbeda dengan search engine lain, google menggunakan sebuat software untuk melakukan proses indexing secara otomatis, sehingga perlu diperhatikan infromasi seperti gambar, video, animasi flash dan gambaran visual yang lain tidak akan diperhatikan oleh google. (bagaimana google melakukan indexing untuk file multimedia akan saya jelaskan pada posting berikutnya).
Google menggunakan suatu program yang biasa disebut spider/robots/bots untuk melakukan index, program ini membaca tiap halaman web dan melakukan indexing mulai dari halaman muka. Catatan "Google tidak akan pernah mengindex website yang tidak ada link dari website lain ke dalam web tersebut". Jadi usahakan untuk melakukan tukar-menukar link dengan wbsite lain yang lebih dahulu terindex oleh google.
Google sendiri memiliki 2 macam metode pengindexan, yaitu Deep Crawl dan Fresh Crawl. Proses Deep Crawl dilakukan tiap bulan satu kali tiap minggu terakhir pada akhir bulan oleh Googlebot. Deep Crowl melakukan proses indexing menyeluruh pada semua website yang ada, sehigga proses ini biasanya memakan waktu hingga 1 minggu. Dan yang kedua adalah Fresh Crawl dilakukan oleh Freshbot, dna dilakukan beberapa kali tiap minggu, tergantung bagaimana google meilihat tingkat kepentingan suatu website, semakin penting content suatu website menurut google maka akan semakin sering website tersebut dikunjungi. Catatan "Pemilihan web hosting yang baik berpengaruh pada proses crawl google, karena jika Googlebot maupun Freshboot mengunjungi suatu website, dan website tersebut ternyata dalam kondisi down, maka google tidak akan melakukan index s.d proses index berikutnya".
2.Bagaimana Google merangking suatu website
Google menggunakan suatu algoritma indexing yang terdiri atas lebih dari 100 kriteria untuk mengindex suatu website (1). Dimana kriteria itu terus diupdate, sehigga suatu website harus terus dilakukan optimasi sesuai dengan kriteria google.
Algoritma perangkingan google dapat dibagi atas 2 macam :
a. Keyword
Hal ini menyangkut mengenai kapan, dimana dan bagaimana keyword ini digunakan. Dalam artian pemilihan keyword yang baik yang mendiskripsikan isi dari suatuwebsite.
b. Page Rank(Link)
Hal ini menyangkut dua hal yakni jumlah dan kualitas link yang masuk ke dalam suatu website. Link mengindikasikan seberapa pening suatu website tersebut. Dapat disimpulkan bahwa google akan mencari, mengindex, dan merangking suatu website berdasarkan seberapa penting dan relevant suatu website.
3. Apa yang dicari oleh google
Ada 5 hal yang perlu diperhatikan, karena inilah yang dicari google ketika melakukan proses pengindexan :
Keyword yang digunakan sebagai judul halaman (yaitu antara tag title)
Keyword yang digunakan untuk menandai judul post dengan isi post (penggunaan tag H1)
Keyword yang digunakan pada link baik pada website itu sendiri maupun pada website lain (jika melakukan tukar menukar link)
Page Rank/ Link, yakni jumlah link masuk dari website lain (secara kualitas maupun kuantitas)
Jumlah kata, minimal 200 dan tingkat kerelevanan antara isi dengan judul posting.
Dalam hal pemilihan keyword kita dapat menggunakan dua macam cara :
Menggunakan tools yang disediakan oleh suatu website SEO yakni di http://www.wordtracker.com
Dengan melakukan analisa terhadap website trafik statistik. Yakni dengan melihat apa saja query yang paling sering digunakan oleh user ketika mengakses website kita. Website ini khusus melakukan penelitian tentang keyword untuk optimasi website.
Ada banyak metode lain yang dapat digunakan untuk menungkatkan posisi di google, salah sutunya adalah dengan memasukkannya ke dalam direktory. karena pembahasan mengenai direktori ini cukup panjang maka akan saya sertakan pada posting berikutnya.
Semua pemilik website tahu pentingnya web terindex mesin pencari, bahkan memiliki rangking yang tinggi pada search engine.Anda pasti setuju bahwa seorang pengunjung hanya tertarik pada web yang menduduki rangking 1 s/d 10 untuk hasil pencarian nya, selebihnya no way!. Bayangkan betapa bahagianya anda pada saat web dimana anda menjual produk / jasa di internet muncul pada rangking teratas mesin pencari. Banyak mesin pencari yang ada di internet seperti Google, Bing, Yahoo, Altavista, MSN, dll Keberhasilan website untuk hadir pada posisi teratas pada mesin pencari merupakan idaman setiap pemilik website karena berdampak pada meningkatnya banyak trafik pengunjung di website kita. Pada pokok bahasan kali ini kita menggunakan Google sebagai mesin pencari.
Google Search Engine Optimation
Google Search Engine Optimation
Bagaimana cara kerja google? Jika kita ingin website kita terindex oleh google dengan rangking yang tinggi, tentunya pertama-tama kita harus tahu dulu bagaimana cara google mengindex suatu website. Prinsip kerja google sebenarnya tidak jauh berbeda dengan search engine lain, google menggunakan sebuat software untuk melakukan proses indexing secara otomatis.Google menggunakan suatu program yang biasa disebut spider/robots/bots untuk melakukan index, program ini membaca tiap halaman web dan melakukan indexing mulai dari halaman muka kemudian masuk ke folder-folder, menuju ke sub folder seperti layaknya anda menelusuri file manger komputer anda sampai yang terdalam. Sebagai catatan Google tidak akan pernah mengindex website yang tidak ada link dengan halaman depan dan juga website lain di internet. Jadi upayakan untuk melakukan tukar-menukar link dengan website lain yang lebih dahulu terindex oleh google.
Google sendiri memiliki 2 macam metode pengindexan, yaitu "Deep Crawl" dan "Fresh Crawl". Proses Deep Crawl dilakukan tiap bulan se kali di minggu terakhir pada akhir bulan oleh Googlebot dan dilakukan secara menyeluruh pada semua website yang ada, sehigga proses ini biasanya memakan waktu hingga 1 minggu. Dan yang kedua adalah Fresh Crawl dilakukan oleh Freshbot, dan dilakukan beberapa kali tiap minggu, tergantung bagaimana google melihat tingkat kepentingan suatu website, semakin penting content suatu website menurut google maka akan semakin sering website tersebut dikunjungi.Semakin sering website kita update dengan informasi yang baru maka fresh crawl google semakin rindu untuk mendatangi website anda. Sebagai catatan hati-hati dengan web hosting anda! upayakan tidak terjadi down pada saat google mengunjungi website favorit anda. Apabila terjadi berpengaruh pada proses crawl google, karena jika Googlebot maupun Freshbot mengunjungi suatu website, dan ditemukan dalam keadaan downtime, maka google tidak akan melakukan index lagi sampai proses index berikutnya.
Google merangking website menggunakan suatu algoritma indexing yang terdiri lebih dari 100 kriteria yang terus diupdate, sehigga suatu website harus terus dilakukan optimasi sesuai dengan kriteria google. Algoritma perangkingan google dapat dibagi menjadi 2 macam yaitu Keyword : pemilihan keyword yang baik yang dapat mendiskripsikan isi dari suatu halaman website adalah sangat pentng pada saat menentukan keyword.
Page Rank (PR / Link) yakni kuantitas dan kualitas link yang masuk ke dalam suatu website. PR mengindikasikan seberapa penting website tersebut. Dapat disimpulkan bahwa google akan mencari, mengindex, dan merangking suatu website berdasarkan seberapa penting dan relevant suatu website.
Apa yang dicari oleh google saat melakukan pengindexan ? Ada 5 hal yang perlu diperhatikan, karena inilah yang dicari google ketika melakukan proses pengindexan : 1) Tittle website : yaitu title yang sekaligus sebagai keyword yang digunakan judul halaman web, (2) Header website : yaitu header halaman web sekaligus keyword yang digunakan untuk menandai judul post dengan isi post . (3) Bakclink yaitu keyword yang digunakan pada link baik pada website itu sendiri maupun pada website lain (jika melakukan tukar menukar link). (4). Page Rank/ Link, yakni jumlah link masuk dari website lain (secara kualitas maupun kuantitas) ( 5) Jumlah kata, minimal 200 kata dengan tingkat kerelevanan antara isi dengan judul posting.
Page Rank (PR / Link) yakni kuantitas dan kualitas link yang masuk ke dalam suatu website. PR mengindikasikan seberapa penting website tersebut. Dapat disimpulkan bahwa google akan mencari, mengindex, dan merangking suatu website berdasarkan seberapa penting dan relevant suatu website.
Apa yang dicari oleh google saat melakukan pengindexan ? Ada 5 hal yang perlu diperhatikan, karena inilah yang dicari google ketika melakukan proses pengindexan : 1) Tittle website : yaitu title yang sekaligus sebagai keyword yang digunakan judul halaman web, (2) Header website : yaitu header halaman web sekaligus keyword yang digunakan untuk menandai judul post dengan isi post . (3) Bakclink yaitu keyword yang digunakan pada link baik pada website itu sendiri maupun pada website lain (jika melakukan tukar menukar link). (4). Page Rank/ Link, yakni jumlah link masuk dari website lain (secara kualitas maupun kuantitas) ( 5) Jumlah kata, minimal 200 kata dengan tingkat kerelevanan antara isi dengan judul posting.